Jumat, 17 Februari 2012

LAPORAN MINGGUAN PRAKTIKUM BIOLOGI DASAR MORFOLOGI TUMBUHAN


LAPORAN MINGGUAN PRAKTIKUM
BIOLOGI DASAR
MORFOLOGI TUMBUHAN




NURSHOLEH
E10011128
D5








FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2011




4.2    Morfologi
Pratikum morfologi tumbuhan ada tiga kegiatan yang dilaksanakan.  Pada kegiatan satu yaitu mengenal bentuk umum bari rumput, bahwa rumput- rumputan merupakan bahan pakan hijauan ternak. Dan morfologi dari pada rumput terdiri dari akar, batang, daun, bunga, dan biji. Seperti halnya pada kegiatan ini terdapat morfologis dari beberapa jenis rumput. Pertama, pada panicum maximum (rumput benggala) terdapat morfologisnya sebagai berikut: termasuk tumbuhan tidak lengkap karena tidak ada tangkai daun, mempunyai lembaran daun, terdapat bagian pelepah daun, daunnya menyirip, batang berarus sircular batang, bunga dan strukturnya berbentuk bulat berwarna coklat, termasuk kelompok bunga rumput, tumbuh di daerah tropis, berakar serabut, termasuk angiospermae (berbiji tertutup), dan merupakan monokotil. Kedua, pada pannisetum purpureum (rumput gajah) terdapat morfologi sebagai berikut : lengkap dengan struktur tubuh, bentuk daun meruncing dan berlekuk, berdaun sejajar, berakar serabut, terdapat pelepah daun, batang beruas-ruas, terdapat garis dasar pada helaian daun, hidup di daerah tropis, merupakan monokotil. Ketiga, king gras (rumput raja) memiliki morfologi sebagai berikut : lengkap dengan organ tubuh, struktur dau tidak sempurna, berdaun tunggal, bersirif sejajar, batang berbentuk silindris dan persegi, berakar serabut, hidup ditempat kering, struktur daun  kasar, termasuk monokotil. Keempat brachiaria decumbens memiliki morfologi sebagai berikut : memiliki organ tubuh, tumbuhan tidak lengkap, berakar serabut, bentuk daun meruncing, tidak memiliki batang, dan termasuk monokotil. Dari morfologi  rumput tersebut menjelaskan bahwa rumput (graminae) lebih dominan dalam menghasilkan daun, dan termasuk tumbuhan yang monokotil (berkeping satu). Domisili graminae sangat erat dengan sirkulasi pada jalur dan rantai makanan yang merupakan hijauan ternak utama pada Animal’s graminae, Verma.J,S (1991).
Hasil pengamatan pada kegiatan kedua morfologis pada leguminosa (kacang-kacangan) dapat di jelaskan berdasarkan objek leguminosa pada praktikum ini. Pertama, pada stylosantes humillis memiliki morfologi sebagai berikut : struktur tubuh terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga, berdaun majemuk dengan tiga helaian, memiliki tangkai daun, berakar tunggang, bersirif tungal, hidup di tempat yang kering, termasuk tumbuhan  berdaun lengkap, bentuk batang bengkok dan menjalar, bunga dominant berwarna terang, dan termasuk dikotil. Kedua pada  callopogonium muconoides terdapat morfologi sebagai berikut : struktur tubuh terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga, berdaun tunggal, berakar tunggang, struktur daun tidak lengkap, batang tumbuh merambat, memiliki sulur (tempat untuk merambat), hidup ditempat lembab dan kering, dan termasuk dikotil. Ketiga pada leucaena leucocephala (petai cina) terdapat morfologi sebagai berikut : struktur tubuh terdiri dari akar, batang, dan daun, berdaun majemuk dan berkelompok, bentuk batang kecil dan bercabang, tulang daun menjari, berakar tunggang, hidup di daerah tropis, dan termasuk monokotil. Keempat, arachia hypogea (kacang tanah) terdapat struktur morfologinya yaitu: memiliki struktur akar, batang, daun, dan buah, berdaun lengkap, bentuk daun majemuk (menjari tingkat dua dan berkelompok), berakar tunggang, hidup di tempat yang lembab, batang meruncing seperti ranting, dan termasuk dikotil. Dari keempat legume di atas disimpulkan bahwa leguminosa (kacang-kacangan) pada umumnya berakar tunggang dan tumbuhan yang dikotil.












KEGIATAN 1

Tujuan             : Mengenal bentuk umum dari rumput


1.    Bentuk  rumput Panicum maximum

    Description: http://dombafarm.files.wordpress.com/2010/04/rumput-benggala.jpg?w=640














2.      Bentuk  rumput Brachiaria decumbens
      Description: http://dombafarm.files.wordpress.com/2010/04/rumput-signal.jpg?w=150&h=150


 
























3.      Bentuk  rumput Brachiaria mutica
Description: F:\Brachiaria_mutica_Prosea.jpg























4.      Bentuk  rumput Pennisetum purpureum
      

























5.      Bentuk  rumput King gras
       Description: Bercak hijau muda di sekitar pangkal daun King Grass
























KETERANGAN LITERATUR

1.    Panicum maximum
Panicum maximum disebut juga rumput benggala berasal dari Afrika tropik dan sub tropik. Ciri-cirinya bersifat perennial, batang tegak, kuat, dan membentuk rumpun. Akarnya membentuk serabut dalam, buku dan lidah daun berbulu. Warna bunga hijau atau keunguan (Tumbuh pada daerah dataran rendah sampai pegunungan 0–1200 m di atas permukaan laut. Produksi Panicum maximum yang dihasilkan mencapai 100–150 ton/ha/th dalam bahan segar. Panen pertama dilakukan setelah 2–3 bulan setelah penanaman (Sutopo, 1985).

Klasifikasi Panicum maximum :                               
Divisi                    : Angiospermae
Klass                                : Monocotyledoneae                                                                                   
Ordo                                : Graminales                                                                                
Family                  : Graminaceae                                                                                           
Genus                               : Panicum                                                                                               
Spesies                             : Panicum maximum

2.    Brachiaria decumbens
Brachiaria decumbens disebut juga rumput signal atau BD berasal dari Afrika timur. Brachiaria decumbens mempunyai ciri-ciri, tinggi tanaman 30 – 45 cm, daun kaku dan pendek, ujung daun meruncing, mudah berbunga, bunga berbentuk seperti bendera, dan  tumbuh baik pada kondisi curah hujan 1000-1500 mm/ tahun. Brachiaria decumbens disebut rumput gembalaan yang tumbuh menjalar dengan stolon membentuk hamparan yang lebat yang tingginya sekitar 30-45 cm dan merupakan jenis rumput penggembalaan terbaik di Kango.

      Klasifikasi  Brachiaria decumbens                               
Divisi                     : Angiospermae                                                                              
Klass                                 : Monocotyledoneae                                                                        
Ordo                                 : Graminales                                                                                         
Family                               : Graminaea                                                                             
Genus                                : Brachiaria                                                                                             
Spesies                              : Brachiaria decumbens     
                                                                                
3.    Brachiaria mutica
Akar Brachiaria mutica merupakan akar serabut (radi x  adventica), akar keluar dari pangkal batang, jumlahnya banyak dan hampir sama besar, memiliki banyak rambut pada akarnya.
Batang Brachiaria mutica bagian bawahnya tumbuh menjalar, membentuk panjang 100-400 cm, bagian tetras tumbuh tegak buku-buku batang ditumbuhi bulu halus yang panjang, batang berwarna hijau pucat, didekat buku berwarna agak keunguan, duduk daun berseling.
Daun Brachiaria mutica berupa lembaran atau helaian daun tegar atau tidak elastis bebrbentuk garis atau garis lanset, permukaan daun berambut jarang, warna helaian daun hijau muda, dan tepnya merah ungu. Ukuran panjang nya 10-30cm dan lebarnya 5-25 cm. Upih daun berbentuk bulat ditumbuhi rambut-rambut panjang.
Bunga Brachiaria mutica merupakan bunga majemuk. Tumbuh di ujung batang atau cabang, sumbu utama persegi panjangnya 15-25cm, cabang tandan berjumlah 9-20.
Buah berbentuk bulat terlur dengan ujung runcing berwarna hijau dan berukuran sangat kecil. Biji Brachiaria mutica berukuran kurang lebih 3mm, berbentuk bulat panjang dengan ujung yang runcing, berwarna hijau bercorak ungu, benang sari tiga biasanya cepat rontok, dan putik dua berwarna ungu.
 Klasifikasi  Brachiaria mutica
                               
Kingdom               : Plantae
Phyllum                 : Spermatophyta
SubPhyllum           : Angiospermae
Classis                  : Monocotyledoneae
Ordo                      : Gramineae
Familia                  : Gramineae
Genus                    : Brachiaria
Species                  : Brachiaria mutica



4.    Pennisetum purpureum
Pennisetum purpureum disebut juga Rumput Gajah (Indonesia). Rumput ini berasal dari Afrika daerah tropik, perennial dan dapat tumbuh setinggi 3-4,5 m. Berkembang dengan rhizoma yang panjangnya dapat mencapai 1 m. Panjang daun 16–90 cm dan lebar daun 8–35 mm. Kultur teknis rumput ini adalah bahan tanam berupa pols dan stek, interval pemotongan 40-60 hari, responsif terhadap pupuk nitrogen, campuran dengan legum seperti Centro dan Kudzu, produksinya 100-200 ton/ha/th (segar), 15 ton/ha/th bahan kering (BK), renovasi 4-8 tahun (Reksohadiprojo, 1994).

  Klasifikasi  Pennisetum purpureum
Phyllum                : Spermatophyta
SubPhyllum          : Angiospermae
Classis                 : Monocotyledoneae
Ordo                     : Glumiflora
Familia                 : Gramineae
SubFamilia           : Panicurdeae
Genus                   : Pennisetum
Species                 : Pennisetum purpureum


5.    King gras
Rumput raja mempunyai karakteristik tumbuh tegak berumpun-rumpun, ketinggian dapat mencapai kurang lebih 4 m, batang tebal dan keras, daun lebar agak tegak, dan ada bulu agak panjang pada daun helaian dekat liguna. Permukaan daun luas dan tidak berbunga kecuali jika di tanam di daerah yang dingin. Rumput raja dapat di tanam di daeah yang subur di dataran rendah sampai dataran tinggi, dengan curah hujan tahunan lebih dari 1.000 mm.
Produksi hijauan rumput raja dua kali lipat dari produksi rumput gajah, yaitu dapat mencapai 40 ton rumput segar/hektar sekali panen atau setara 200-250 ton rumput segar/hektar/tahun. Mutu hijauan rumput raja lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumput gajah Hawai ataupun rumput Afrika.

Klasifikasi  Brachiaria decumbens                                   
Divisi                   : Angiospermae                                                                                       
Klass                    : Monocotyledoneae                                                                        
Ordo                    : Graminales                                                                                           
Family                  : Graminaceae                                                                             
Genus                  : King                                                                                                         
Spesies                 : King gras                                                                                       
           
























KEGIATAN 2
Tujuan             : Melihat bentuk dari leguminosa

1.      Stylosantes humillis

Description: F:\Stylosanthes_hamata_01.jpg



 





















2.      Callopogonium muconoides

Description: F:\callopo.jpg


 























3.      Leucaena leucocephala
Description: F:\lamtoro.jpg


 















4.      Arachia hypogeal


Description: F:\kacang tanah.jpg

 





















KETERANGAN LITERATUR
1.    Stylosantes humillis
Tanaman ini berasal dari Amerika tengah dan selatan. Merupakan tanaman tahunan yang tumbuh tegak membentuk semak dengan ketinggian 100-150 cm dan cenderung berkayu. Tanaman ini memiliki batang yang kasar dan daun yang berkelompok dimana dalam setiap tangkai terdapat 3 helai daun. Perakaran jenis legum ini sangat dalam.  Tanaman ini toleran terhadap tanah kurang subur. Selain itu legum ini juga tahan terhadap daerah kering atau basah tetapi tidak tahan terhadap naungan. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 0-1.000 m dpl dengan curah hujan > 850 mm/tahun. Untuk perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan biji atau stek.
Klasifikasi  Stylosantes humillis
Divisi               : Spermatophyta                                     
Klass               : Dicotyledoneae                                                                        
Ordo               : Leguminales                                                                                
Family             : Leguminales                                                                              
Genus              : Stylosantes
Spesies            : Stylosantes humillis                                                           

2.    Callopogonium muconoides
Tanaman ini tumbuh menjalar dan bisa memanjang sampai 30-50 cm. Tanaman ini beradaptasi pada tanah yang basah dan tidak tahan terhadap kekeringan. Batang dan daun yang muda berbulu, berwarna coklat keemasan. Bentuk daun bulat dan berkelompok 3 dalam satu tangkai. Bunganya kecil berwarna ungu. Jenis legum ini kurang disukai oleh ternak karena daun dan batangnya berbulu. Biasa ditanam dengan biji dengan kebutuhan 6-9 Kg/ha. Dapat ditanam dengan rumput Rhodes dan Brachiaria.

Klasifikasi  Callopogonium muconoides                                   
Divisi               : Spermatophyta                                     
Klass               : Dicotyledoneae                                                                                                                             
Ordo               : Leguminales                                                                                                                                     
Family             : Leguminaceae                                                                                                                               
Genus              : Callopogonium                                                                                   
Spesies             : Callopogonium muconoides                                                               

3.    Leucaena leucocephala
Tanaman legum berkayu yang berumur panjang ini tingginya bisa mencapai 10 m. Berasal dari Amerika tengah (Meksiko) dan Amerika Selatan. Berakar dalam, daun menyirip ganda, anak daun ellips agak oval dan kecil. Warna daun hijau tua agak kelabu. Tumbuh baik pada tanah sedang sampai berat dengan ketinggian tempat 700-1.200 m dpl dan curah hujan berkisar 700-1.650 mm/tahun. Jenis legum ini bisa dijadikan sebagai sumber protein bagi ternak.

            Klasifikasi  Leucaena leucocephala                                     
            Divisi               : Spermatophyta                                    
            Klass                            : Dicotyledoneae                                                                                                                                
            Ordo                : Leguminales                                                                                                                                 
            Family             : Leguminaceae                                                                                                                    
            Genus              : Leucaena                                                                                       
            Spesies             : Leucaena leucocephala                                                                  

4.    Arachia hypogeal
Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597 Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir Republik Rakyat Cina dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.
Klasifikasi Arachia hypogea                             
Divisi               : Spermatophyta                                    
Klass               : Dicotyledoneae                                                                                                                                       
Ordo               : Leguminales                                                                                                                                 
Family             : Leguminaceae                                                                                                                             
Genus              : Arachia                                                                                       
Spesies             : Arachia hypogea                                                                                 
















KEGIATAN 2
Tujuan             : Mengenal dan menbedakan bunga rumput dan leguminosa
1.      Bunga Panicum maximum (rumput benggala)
Description: F:\Brachiaria_mutica_Prosea.jpg











2.      Bunga Callopogonium muconoides                                                                   

     Description: C:\Users\Toshiba\Documents\Bluetooth\Inbox\Photo1992.jpg



























Klasifikasi  Leucaena leucocephala                                    
            Divisi               : Spermatophyta                                    
            Klass                            : Dicotyledoneae                                                                                                                                
            Ordo                : Leguminales                                                                                                                                  
            Family             : Leguminaceae                                                                                                                   
            Genus              : Leucaena                                                                                       
            Spesies             : Leucaena leucocephala     

Klasifikasi Panicum maximum :                               
Divisi                    : Angiospermae
Klass                                : Monocotyledoneae                                                                                  
Ordo                                 : Graminales                                                                                
Family                  : Graminaceae                                                                                          
Genus                               : Panicum                                                                                               
       Spesies                 : Panicum maximum                                                             

Perbedaan bunga diatas yaitu pada seluruh morfologinya.
Jika Pada Panicum maximum
-          Bunganya berbentuk seperti bulat telur
-          tumbuh banyak diruas-ruas tangkai batang
-          agak keras
-          mempunyai bulu-bulu
-          tidak mempunyai mahkota
Jika pada Callopogonium muconoides       
-          mempunyai kelopak
-          dibawah tangkai daun ada bulu-bulu lebat yang panjang
-          berbentuk seperti kupu-kupu
-          tidak mempunyai benang sari
-          tidak memiliki putik
-          mempunyai kelopak yang lentur


DIPOSKAN OLEH : NUR SHOLEH TANJUNG JABUNG TIMUR (Fakultas Peternakan Universitas Jambi)

Jika ada pertanyaan mengenai perkuliahan di Fakultas Peternakan Universitas Jambi, silahkan hubungi nomor handphone saya : 081919156677 atau 081532156677 dan email <nur_blogger@yahoo.com>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar